Friday, April 04, 2008

Throwing away oil

Throwing away garbage here has its own rule. Garbage must be separated based on several categories. Combustible, incombustible, pet bottle, silicon tray, bin, milk package, old clothes, newspaper, magazines, and empty big boxes. Its more or less the same with the rule in Incheon except for oil. In Incheon oil must be thrown away inside a big special tank nearby the big public trash bin, meanwhile here oil must be put inside combustible garbage. When I heard it for the first time I was confused. How is it to put liquid into combustible garbage?!

We are big fans of deep fried food so oil is an essential need in our home. So how to throw away oil properly was one of my important to do list to learn. There are indeed some ways that can turn oil into combustible garbage. We use this one:



Powder that can turn oil into jelly like thing. The oil must be heated first until about 40 degrees Celsius. And then I just have to put the powder inside, mix them well with chopsticks, and let the oil cold. The final result is this:



This big oil jelly then can be thrown away as combustible garbage. It was really interesting for me hihihi (dasar udik!)

How do you throw away your oil?

9 comments:

Kitchen Planet said...

Kalo aku sih dibuang di toilet :D
Tapi kalo cuman dikit (beberapa sendok) masukin ditempat cuci piring sekalian ..males..hehehe :P
Wah ternyata Jepang lebih banyak peraturan dr pd Jerman :-S Apa disana ada "Jam Tenang"(Jam2 tertentu dimana tidak boleh bikin berisik) juga mut?

LadyNoor said...

Kalo di sini tiap household ada grease trap-nya yang kalo dah menumpuk harus panggil tukang plumbing untuk kasih chemical buat break down clog di drainage. Ini untuk antisipasi minyak dari cucian piring skala domestik. Kalo ada minyak bekas agak banyak cukup ditaro di botol/container plastik bekas trus dibuang di tempat sampah dapur.

Kalo di restoran/cafe ditampung di drum minyak dan diangkut sama petugas pembuangannya.

Anonymous said...

Kalau aku biasanya minyak yang udah nggak ke pakai, aku masukin ke plastik, terus tak freezer,kan membeku jadinya... baru pas hari truk sampah datang, aku buang dah...

Benny Suryanto said...

aku malah gak tau tuh gimana buang minyak bekas goreng hehehe.
Selama ini cuman aku bungkus plastik trs aku campur ama combustible sampah dah.
Trus bingung jg antara plastik dan yg kertas, kdg aku cmpr jadi satu (klo lg malas), kdg jg aku pisahin. Tapi klo kaleng, botol kaca, botol plastik udah ada sendiri2 tempatnya.
En..waduh mut, butuh tulisan kanji nih di bak yg mana hrs membuang yg kertas or plastik? Selama ini lihat2 sampah yg ada disitu aja. Tp plastik+kertas kok jg sama saja jd satu. Bingung...

The Diva said...

Hahahaha iya sejak pindah ke Jerman jadi bengong, mau buang sampah aja kok repot...
Dirumahku dulu perasaan sampah ya dicampur aduk jadi satu tuhhh.

Oil? kalo aku dibuang di toilet juga (kalo banyak) atau di tempat cuci piring, hihihi persis Yunita. reseh banget sih jadi jelly gitu.
Hihh.

Oh and the best thing about Munich, NGGAK ADA garbage sorting selain kertas dan rest garbage.
Yg berarti, mau gabus, mau kaca, mau plastik dan organic / combustible, ya campur aja sama rest garbage itu. Gila ya kota ini keren.
Kalo di Erfurt dulu lebih resehhhh... dipisahin semua satu2.

Halah Nova, mau buang sampah aja kok reseh.
(pertama kali dateng ke stasiun kereta di Jerman pasti bengong, tong sampahnya dibagi 4... jadi inget dulu aku mau buang bungkus permen melongo didepan tempat sampah, ini masuk kemana ya???) hihihi...

Vivi said...

hm, kalo aku sih ... beli makan di luar aja! nasi bungkus cuman 5000 perak hehehehe...

imoet said...

yun,
buang di toilet?!?!?! gak mampet tah?!?!
jam tenang? hahaha sepanjang hari dirumah harus tenang yun. gak boleh lari2, gak boleh njatuhin barang....biar gak ganggu tetangga di lantai bawah. Untung sekarang apartemen dibawah kita kosong. Iki bisa lari2 lagi dirumah :p

intan,
wah..less rumit ya!

lily,
di bikin frozen oil? hahaha interesting!

nova,
kon ancene gendeng hahaha. dirumahku ada 2 tempat sampah nov. Yang satu buat yang bisa dibakar, yang satunya lagi buat yang gak bisa dibakar. Nek dicampur piye yoo...lak sakno sing kerja dipembuangan kudu misah2in lagi hahaha.
aku sampe sekarang ya gak tau kanji2 tempat sampah itu kok. ya masih harus melongok dulu isinya apa baru mbuang :p

diva,
hehehe sampe sekarang kalo mo buang sampah ditempat umum ya itu..kudu ngelongok dulu.
di toilet juga?!?! podo ambek yunita pek. toiletnya gak mampet tah?!?!?! lak berat jenis minyak sama air beda, oil buanganmu lak gak n nyampur sama aer.

di bagian lain dari tokyo juga ada yang dicampur semua sampahnya. duh waiting forward sampe daerahku juga gitu!!

Benny Suryanto said...

hohohoho..abis yo ga ngerti je, bgmn klo plastik buat bgks sisa2 mknan...ditaruh di combustoible/non?

ada moerugomi n moenaigomi. Moeru..ini aku longok ya kertas ya plastik2 bgks itu. Trs tmp botol plastik sendiri lg, tmp kaleng dewe lg, tmp buang alat masak/lampu / apa sendiri lg.Jd bny pemisahannya...huh buang sampah koq repot hehehe.

Carla Chanliau said...

wuehhh lucu ya alat pembuat gel itu (aku lebih udik). aku biasanya sih diflush aja di toilet. daripada org2 lain yg dicampur jadi satu ama sampah kering? tau deh.